PROGRAM STUDI ILMU POLITIK – FISIP

Political Science Program – Faculty of Social and Political Science

Prosedur Manual Mahasiswa

10 - 01 - 2015 Administrator
Program Studi Ilmu Politik menggunakan Buku Pedoman Pendidikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya. Buku Pedoman Pendidikan ini diterbitkan untuk membantu dalam mempercepat penyebarluasan informasi yang terkait dengan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi kepada mahasiswa, dosen dan pimpinan serta masyarakat. Di samping itu, buku pedoman ini juga digunakan sebagai acua dalam pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan akademik pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  yang terdiri dari Jurusan Sosiologi Program Studi Sosiologi, Jurusan Ilmu Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi, Program Studi Psikologi, Program Studi Hubungan Internasional,  Program Studi Ilmu Politik dan Program Studi Ilmu Pemerintahan.Buku pedoman ini merupakan penjabaran pelaksanaan Undang-undang Sisdiknas No. 20 tahun 2003 dan Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi serta SK Mendiknas Nomor 080/0/2002 tentang Statuta Universitas Brawijaya. Mengingat permasalahan pendidikan selalu berkembang, maka perlu dilakukan perbaikan pedoman pendidikan sehingga sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan yang terjadi.
Pendidikan yang diselenggarakan oleh program studi Ilmu Politik FISIP Universitas Brawijaya pada saat ini adalah setingkat Sarjana (S-1) dengan menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS). Penerapan SKS ini mendasarkan pada UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, PP 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi dan Surat Keputusan Mendikbud Nomor 056/U/1994 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi serta Pedoman Penyelenggaraan Proses Pendidikan Tinggi atas dasar Sistem Kredit Semester.
Kurikulum Program Studi Ilmu Politik disusun berdasarkan pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0223/U/1995 tentang Kurikulum yang berlaku secara Nasional Program Sarjana Ilmu Politik, yaitu terdiri dari  Kurikulum Inti/Nasional yang merupakan kurikulum baku yang dibutuhkan masyarakat dan disesuaikan dengan visi dan  misi dari Program Studi Ilmu Politik dan Kurikulum Inti/Institusional yang merupakan kurikulum bermuatan Institusi yang disusun berdasarkan kebutuhan dari Universitas dan stakeholder, baik lembaga pemerintah maupun non-pemerintah.

Dokumen Manual Prosedur Program Studi Ilmu Politik, disini

Dokumen Manual Prosedur FISIP, disini

Buku Pedoman Pendidikan 2010/2011, disini