PROGRAM STUDI ILMU POLITIK – FISIP

Political Science Program – Faculty of Social and Political Science

Penanganan Keluhan/Umpan Balik

10 - 01 - 2015 Administrator

Proses belajar mengajar dengan dukungan penanangan atas keluhan dapat membantu menyesuaikan dan mengembangkan pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan dunia profesional. Maka dari itu, program studi ilmu politik juga merumuskan suatu mekanisme pengaduan, penanganan keluhan, dan umpan balik.

Alur Penyampaian Keluhan

[spoiler]Stnk AMin_0004[/spoiler]
Alur Penanganan Keluhan
[spoiler]Stnk AMin_0001[/spoiler]
[spoiler]Stnk AMin_0002[/spoiler]
|

Tujuan : Memberikan arahan secara prosedural dan memfasilitasi para mahasiswa untuk menyampaikan keluhan, saran, dan kritik terkait penyelenggaraan kegiatan civitas akademika.

Prosedur: 

1. Pengisian Form Pengaduan

  • Mahasiswa yang akan menyampaikan keluhan, saran, maupun kritik dapat mengisi form pengaduan yang telah disediakan oleh program studi di ruang staf program studi atau melalui website program studi (untuk form online klik disini)
  • Bentuk keluhan dapat diinformasikan baik secara langsung maupun tidak langsung.
  • Media penyampaian bisa dilakukan dengan dua cara, baik nyata (melalui kotak Drop Box) atau virtual (melalui email admin@politik.ub.ac.id)

2. Perumusan Solusi

  • Form yang telah masuk akan direkapitulasi dan kemudian diserahkan kepada ketua program studi untuk ditindak lanjut.
  • Ketua Program Studi secara berkala akan mengadakan rapat untuk membahas rekapitulasi pengaduan mahasiswa.
  •  Semua pengelola program studi memiliki kewajiban untuk memikirkan solusi atas persoalan yang dihadapi program studi.
  • Staf program studi membuat notulensi usulan-usulan solusi atas rekapitulasi pengaduan yang telah dibahas dalam rapat.
  • Usulan solusi akan dipilah berdasarkan jenisnya, apakah berkaitan dengan kegiatan akademis (penyelenggaraan pengajaran dan sejenisnya), perlengkapan (sarana dan prasarana pendidikan dan sejenisnya), dan sebagainya.
  • Kemudian dibuatkan Berita Acara Pengaduan sebagai dokumen
  • Ketua Program Studi menyampaikan solusi yang telah disepakati dalam rapat kepada Dekan untuk mengusulkan agar usulan dan solusi tersebut dapat diterapkan dan didukung oleh perangkat sistem fakultas.