PROGRAM STUDI ILMU POLITIK – FISIP

Political Science Program – Faculty of Social and Political Science

Prasarana

10 - 01 - 2015 Administrator

Infrastruktur yang digunakan dalam proses pembelajaran di PS IP FISIP UB adalah aset fakultas dan penggunaannya dilakukan secara bersama-sama dengan jurusan lain, yaitu jurusan Ilmu Politik, Sosiologi, Komunikasi, Psikologi, Hubungan Internasional, Ilmu Pemerintahan, dan Program Pascasarjana. Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terletak di komplek Universitas Brawijaya (UB), dengan alamat Jalan Veteran, 65145 Malang. Gedung ini berletak di atas lahan seluas 3.748,27 m2 dengan lahan terbangun seluas 2.112 m2, yang dipergunakan untuk berbagai ruang perkantoran dan ruang perkuliahan dan dilengkapi dengan areal parkir dan taman.

Berdasarkan alokasi ruang, di dalam gedung FISIP ini terdapat 32 ruang kelas 7 ruang dosen Program Studi dan ditambah dengan ruang-ruang lainnya. Untuk kegiatan perkuliahan, selama tiga tahun terakhir (TS-4) yakni tahun 2012 sampai dengan TS tahun (2014), jumlah dan luasnya mengalami perubahan setelah dibangunnya gedung baru dan gedung penghubung, yakni sebanyak 32 ruang kelas dengan luas 2112 m2. 32 Ruang ini terbagi atas: 14 ruang dengan kapasitas tampung 40-60 orang, 4 ruang dengan kapasitas tampung maksimal 50 orang, dan 14 ruang dengan kapasitas tampung maksimal 70 orang.

Pelaksanaan perkuliahan didukung dengan sarana 1 LCD, 1 unit layar, 1 meja dosen, kursi kuliah (40-70), 1 kursi dosen, i buah white board, dan pendingin ruangan (AC atau kipas angin) pada tiap ruang. Kelancaran proses belajar di PS IP FISIP UB juga didukung oleh tersedianya hot spot yang berada di puluhan titik tersebar di lingkungan FISIP yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa, tenaga pengajar, staf akademik maupun staf kependidikan.

Sistem pengaturan penggunaan ruangan kelas sudah terjadwal. Yang bertanggungjawab untuk hal ini adalah subbagian akademik dengan bekerja bersama subbagian umum dan perlengkapan.