PROGRAM STUDI ILMU POLITIK – FISIP

Political Science Program – Faculty of Social and Political Science

Sambutan Kaprodi

10 - 01 - 2015 Administrator

Program studi Ilmu Politik FISIP Universitas Brawijaya mulai menjalankan aktifitas akademik sejak 2008. Pada tanggal 6 Februari 2009, Prodi Ilmu Politik mendapatkan SK Dikti nomor: 141/D/T/2009  perihal ijin Penyelenggaraan Program Studi Baru pada FISIP Universitas Brawijaya jenjang Program Sarjana (S1).

Kami menyadari sebagai institusi pendidikan yang baru menapak, tentu membutuhkan begitu banyak proses. Kendatipun demikian, kami sudah melakukan usaha-usaha yang serius dalam melangkah kedepan. Dalam beberapa waktu ini, kami mempersiapkan sumber daya manusia yang mempunyai ruang lingkup keahlian dibidang keilmuan sehingga mampu memberikan hasil terbaiknya bagi proses pengajaran, penelitian dan pengembangan keilmuan dalam skala yang lebih luas.

Sebagai institusi pendidikan bidang ilmu politik yang lahir dalam era demokrasi di Indonesia, kami menyadari betapa pentingnya untuk memberikan tekanan bagi arah pendidikan kami. Selain memberikan pelayanan pendidikan setingkat sarjana sesuai dengan standar umum diberbagai institusi pendidikan serupa lainnya di Indonesia, kami mempunyai dua konsentrasi peminatan yakni peminatan Governance dan Transisi Demokrasi yang fokus pada kemampuan analisis dan peran-peran praktis yang bisa diambil dalam menjalankan fungsi governance dan manajemen transisi demokrasi di Indonesia. Selain itu, kami mempunyai peminatan metode ilmu politik yang didesain untuk memberikan ketrampilan dan keahlian bagi mahasiswa dalam menggunakan perangkat penelitian dan analisis serta peningkatan kapasitas dari tradisi akademik dibidang ilmu politik.

Sampai tahun 2012 ini, kami sudah mempunyai lebih dari 300 mahasiswa untuk program sarjana dan setiap tahun kami membuka diri bagi 150 mahasiswa baru. Mereka mendapatkan pengajaran dari staf pengajar kami dan juga pengajar tamu dari kalangan praktisi. Dalam rangka menunjang kegiatan pengajaran, kami mempunyai laboratorium ilmu politik dan rekayasa kebijakan (Lapora) yang dikhususkan sebagai tempat bagi mahasiswa untuk mengakses kebutuhan data dan pembelajaran perangkat penelitian. Bagi staf pengajar, ruang ekspresi kajian kami terwadahi dalam Pusat Studi Demokrasi dan Politik Elektoral. Pusat studi ini melakukan kajian yang spesifik tentang demokratisasi dan politik elektoral baik di Indonesia atau perbandingan politik dengan wilayah dan variabel yang lain.

Dalam rangka memberikan informasi bagi khalayak umum tentang profil, kegiatan dan publikasi yang kami lakukan, maka keberadaan media website ini kami harapkan bisa sangat membantu.

Ketua Program Studi Ilmu Politik

Dr. Hilmy Mochtar, MS