PROGRAM STUDI ILMU POLITIK – FISIP

Political Science Program – Faculty of Social and Political Science

Seminar Aktualisasi Kurikulum Ilmu Politik

10 - 01 - 2015 Administrator Berita, Forum Ilmiah

IMG_0001 - Copy

Prodi Ilmu Politik FISIP UB akan menyenggarakan seminar dengan tema “Aktualisasi Kurikulum Ilmu Politik di Indonesia” pada tanggal 2 November 2016. Acara ini dimulai pada pukul 09:00 pagi di Aula Nuswantara yang terletak di lantai 7 gedung B FISIP.  Hadir sebagai pembicara dalam seminar ini yaitu Professor Kacung Marijan – Universitas Airlangga, Kuskrido Ambardy Ph.D  – Direktur Lembaga Survei Indonesia (LSI), dan Wawan Sobari Ph.D – Dosen Ilmu Politik FISIP UB. 

Seminar ini akan mendiskusikan kontekstualisasi kurikulum Ilmu Politik di era kekinian. Professor Kacung Marijan sebagai pembicara pertama akan menyampaikan topik Kompetensi Keilmuan dalam Dinamika Politik di Indonesia. Setelah itu diskusi akan dilanjutkan oleh Kuskrido Ambardy yang akan menyampaikan topik tentang Aktualisasi Kurikulum Ilmu Politik dalam Merespon Perkembangan Politik Kontemporer. Sementara Wawan Sobari mengangkat gagasan political enterpreneurship sebagai perspektif alternatif dalam Ilmu Politik dewasa ini.

Seminar ini diselenggarakan sebagai pembuka acara Forum Prodi Ilmu Politik Se-Indonesia yang akan dihadiri oleh para dosen atau akademisi Ilmu Politik dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Forum ini akan mendiskusikan berbagai isu tentang perkembangan Ilmu Politik di Indonesia. Diantaranya adalah ide pembentukan asosiasi program studi ilmu politik, kontekstualisasi kurikulum, gelar akademik untuk ilmu Politik, serta berbagai kerjasama di bidang akademik lainnya.

Kabar terakhir yang diperoleh panitia peserta Forum Prodi Ilmu Politik telah mencapai 30 perguruan tinggi. Diantara beberapa perguruan tinggi yang telah mengkonfirmasi hadir ialah jurusan/program studi ilmu politik Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas, Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Airlangga, Universitas Udayana, Universitas Hasanuddin, dan universitas-universitas lainnya.